Plesiran ke Marunda, Wisata Anti Mainstream di Jakarta saat musim liburan


                                 
Libur panjang di Jakarta aja? cobain deh main main ke ujung pesisir utara Jakarta, tepatnya di kawasan Marunda. Disana ada Rumah Pitung hingga Pantai Marunda yang sangat menarik.

Kalo lihat di tipi, berbagai tempat wisata di Jakarta saat musim liburan lebaran atau libur sekolah、seperti Ancol, Ragunan, TMII, dan Monas ramai pengunjung membludak. Mau naik ke puncak Monas aja antriannya bisa 3-4 jam, ngeri banget. Dua tahun lalu, pas libur lebaran hari ke-2, saya main ke Ragunan, ternyata pengunjung disana kayak cendol, mau ngapa ngapain ngantri panjang. Habis itu kapok berwisata ke tempat wisata mainstream lagi saat libur lebaran. 

Btw, saya ada rekomendasi nih buat wisata "anti mainstream", saat musim liburan gini. Cobain deh Jelajah Museum, banyak museum yang menarik di Jakarta. Salah satunya adalah Rumah si Pitung di Marunda, Cilincing- Jakarta Utara, yang jadi bagian dari management Museum Bahari. Di Rumah Pitung ini, kita bisa melihat seperti apa jejak jejak jagoan Betawi yang dikenal sebagai "Robinhood dari Betawi". Orang di Notthingham, Inggris asal si Robinhood itu aja bangga banget dengan kisah jagoan mereka. Nah kita warga Jakarta juga perlu kenal lebih dekat dengan si Pitung, si jagoan betawi.

                                   

                                    

Nah kenapa kalo berkunjung Rumah Pitung asyiknya pas musim liburan gini? karena lokasinya yang jauuuh di pesisir utara Jakarta, dan kalo kesana di hari hari kerja/weekdays, butuh perjuangan banget karena jalanan dari keluar pintu Tol Cacing menuju Cilincing, sering dipenuhi truk Tronton dan konteiner. Panjang bener antriannya dan bikin hopeless. Gambarannya, kalo berangkat dari Jaksel pagi, mungkin bisa nyampe sana mataharinya udh nyungsep. Nah kalo musim libur lebaran gini, mumpung jalan jalan sepi, kemana mana enak bebas macet. 
                                    
                                               (suasana bagian dalam Rumah Pitung) 

                                     
              (Saya juga cukup sering memandu Food Tour ke kawasan Cilincing dan Marunda)

Dan spesialnya lagi, kalo pas libur lebaran gini, pengelola Rumah si Pitung menyediakan berbagai atraksi pertunjukan betawi yg seru seru, seperti Silat Betawi, Lomba Pantun dll. Jadi selama berada disana, kita skalian kita bisa mengenal budaya Betawi.



Siapakah Si Pitung? 


                                         
                                                      foto courtesy : tribunnews.com

Si Pitung atau dikenal juga sebagai "Robin Hood" Betawi adalah sosok jawara jagoan silat dari Rawa Belong yang dipercaya masyarakat Betawi  turun temurun sebagai Pahlawan yang berani melawan Belanda demi membela rakyat kecil.  Ada sebagian kalangan yang bilang bahwa Pitung adalah hanya mitos atau legenda yang tidak nyata  karena cerita tentang Pitung hanya beredar secara lisan, tapi banyak juga sejarawan dan ahli sejarah yang meyakini bahwa kisah kepahlawanan Si Pitung adalah benar terjadi.   Salah satu indikator bahwa sosok si Pitung adalah nyata, yaitu catatan pers (kliping koran) di akhir abad 19 yang memberitakan tertangkapnya si Pitung yang oleh pemerintah Belanda dianggap sebagai "penjahat"/ bandit dan telah lama menjadi buronon pemerintah kolonial. Keterangan tentang catatan pers ini juga bisa didapat di salah satu dinding dalam Rumah Pitung.

Saya pertama kali mengetahui kisah si Pitung malah saat masih kanak kanak melalui film yang dahulu pernah diputar di TVRI  dan hingga sekarang masih melekat sosok Si Pitung yang gagah dari flm tersebut. Film Si Pitung Banteng Betawi  dibuat di era tahun 60-an sukses di pasaran. Dicky Zulkarnaen, pemeran Si Pitung, melekat sebagai gambaran ideal fisik Si Pitung. Dia tampan, gagah, dan saleh. Golok terselip di pinggangnya dan sarung tersampir di leher. Ketiklah lema Si Pitung di pencarian gambar Google, orang inilah yang paling banyak muncul.

Obyek wisata lain di sekitar Rumah Pitung

Di sekitar area Rumah Pitung juga ada beberapa obyek wisata lain, seperti Mesjid "keramat" Al Alam Marunda yang usianya udah ratusan tahun yang menjadi tempat bersembunyi si Pitung saat di kejar kejar Belanda. Di bagian belakang Mesjid, yang terletak pas di sisi laut, ini juga ada sumur dengan air yang dipercaya punya khasiat Karomah  bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Mesjid ini juga setiap malam jumat, biasanya ramai diziarahi ratusan orang yang datang  dari berbagai daerah. 
 
                                                

                                      

                                          
 (Sumur di Mesjid Al Alam Marunda, air dari sumur ini dipercaya sebagai mujarab seperti Air      Zamzam. Jadi banyak orang yang sengaja datang kesini untuk berwudhu)

Selain Mesjid Al Alam Marunda, disekitar itu ada juga komplek Rusunawa Marunda, yang dihuni warga relokasi dari Pasar Ikan . Di bagian depan Rusunawa Marunda ini, juga dibangun mesjid yg sangat megah yg dibangun Gubernur Basuki Tjahja Purnama. Kalo udah jauh jauh ke Marunda, sempetin juga mampir juga ke komplek rusunawa dan Mesjid megah disini, untuk mengapresiasi salah satu warisan berharga yg ditinggalkan Pak Ahok untuk warganya.

                                  
 Lalu untuk mengakhiri wisata ke Marunda, sekalian aja menikmati senja di Pantai Marunda, yang letaknya dkt dengan Mesjid Al Alam. Pantai Marunda ini memang jauh bgt penampakannya dari pantai pantai komersil di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Tapi Pantai Marunda ini adalah lokasi bersejarah, karena saat perang kemerdekaan dahulu, pasukan tentara Belanda tiba di teluk Jakarta, salah satunya melalui pantai ini. Sampe th 70an, seblm ada kawasan Ancol, Pantai Marunda ini dan  Pantai Cilincing adalah salah satu Pantai hits buat warga dari berbagai penjuru Jakarta. Coba aja lihat film film indonesia jadul, kalo ada adegan di pantai jakarta, biasanya itu lokasi syutingya kalo gak di Pantai Marunda atau Pantai Cilincing

      

                                  
                                            (Pemandangan sekeping Senja di Maruda)




Walaupun pamor Pantai Marunda sebagai tujuan wisata di Jakarta makin memudar, suasana di Pantai Marunda ini masih terasa orisinal, di sekelilingnya juga masih banyak didapati para pedagang kaki lima. Menikmati senja di Pantai Marunda sambil makan jagung bakar, apalagi ditemenin orang orang terkasih di samping kita.... wuih lengkap sudah surga dunia berasa ada di Marunda :)

Tiket Rumah Pitung (bagian dari Museum Kebaharian): Rp.5000. 
Buka Selasa -Minggu jam 08.00-17..00. Senin Tutup.  
Cara Kesana : Naik KRL atau Bis TransJakarta smp Stasiun /Halte Tanjung Priok. Habis itu sambunng Grab/Gojek. Naik mobil pribadi naik Toll JORR keluar di Cacing- Cilincing、dari sana 10 menit menuju lokasi.                  
                                                                                                                                                       
Nb: Jika weeekend ini Anda berminat berwisata ke Pantai Marunda dan.Rumah Pitung tapi malas kesana sendirian、bisa juga ikutan Trip ”Jelajah Spot Ikonik Jakarta“ yang diadakan oleh saya dan Wisata Kreatif Jakarta、Minggu 29 Des  2019 jam.08.00-16.00 yang salah satu spot yang dikunjungi adalah Pantai Marunda dan Rumah Pitung. Berikut ini detail infonya 
                                      

*Jelajah Spot Ikonik Jakarta*  (Spesial Liburan Sekolah)
Minggu 29 Desember 2019
⏲️ 08.00-16.00
☎️ RSVP 0812 9822 9129 (wa)
💰 Rp 120.000/org (tidak termasuk biaya Transportasi)
📍Mepo: Lap IRTI, Monas

Dalam Tur Spesial Liburan sekolah ini, Anda akan diajak menjelajahi ikon ikon hits kota Jakarta dan Budaya Betawi, sambil mengenal lebih dekat sejarah dan kekayaan kota kita tercinta. Dalam tur sehari ini,  Anda akan diajak mengunjungi  Monas hingga naik ke Puncak Monas dan mendengarkan langsung suara/audio Proklamasi Kemerdekaan.RI yang disimpan dalam pintu berlapis emas、  melongok Taman Rusa Monas yang dipenuhi Rusa totol,   berfoto di depan Istana Presiden, melihat kemegahan Lapangan Banteng yang telah direvitalisasi, melihat Kali Besar yang dirancang menyerupai kanal kanal di Eropa, jelajah kawasan Kemayoran yang merupakan cikal bakal bandara internasional pertama di Indonesia dan juga merupakan kawasan kota Modern di Jakarta,  berfoto di Patung Ondel Ondel raksasa dan melintasi kawasan Danau Sunter yang cantik dan Komplek Atlit Asian Games , hingga jelajah kawasan Marunda di pesisir Utara Jakarta melihat Rumah Si Pitung , sang Jawara Legendaris Betawi yang dijuluki "Robinhood van Betawi"

Itinary :
1. Taman Monas (naik ke puncak monas) dan mendengarkan suara aslu Proklamasi Kemerdekaan
2. Rumah Betawi dan Taman Rusa Monas
3. Berfoto di depan Istana Presiden
4. Lapangan Banteng
5. Kawasan Kali Besar Kota Tua dan Jembatan Kota Intan yang berusia lebih dari 4 abad,
6. Berfoto di Patung Ondel Ondel Raksasa ikon Kota Kemayoran
7. Rumah si Pitung Marunda dan Pantai Marunda

*Catatan penting* : Harga Tur termasuk jasa Tourist Guide profesional、tiket Monas dan Museum、tidak termasuk Transportasi. Transportasi sistem patungan/sharing cost menggunakan Grab Car. Siapkan uang sekitar Rp 55.000/org untuk biaya transportasi. Tur ini akan berjalan jika peserta mencapai minimal kuota 5 orang. Pembayaran bisa on the spot.      Info/RSVP 0812 9822 9129 (Fitri)

www.wisatakreatifjakarta.com atau follow ig/fanpage @wisatakreatifjakarta @jakartafoodtraveler

2 comments:

Hidayah Qudus said...

Mbk Ira.. Klo trans Jakarta k marunda ada ga? Pengen iih kesana, mumpung msh libur lebaran nihh...

Ira Lathief said...

ada dari tg priok- marunda...tp lama nunggunya, kalo ga salah sehari cuma berangkat bbrp kali, krn itu memang ditujukan terutama utk penghuni rusun marunda buat PP kerja ke kawasan Pasar Ikan. mending dari terminal/ busway tg priok naik gojek aja, atau grab car jg ga terlalu mahal

Baca Juga Yang Satu Ini

Pesta Mandi Bedak , Puncak Perayaan Tahun Baruan Kampung Tugu Yang Tak Kalah Seru Dengan Festival Songkran di Thailand

Tahukah Anda, di ujung utara Jakarta, ada sebuah kawasan yang merupakan kampung Kristen tertua di Jakarta dan juga di Indonesia?  ...