Taman Taman RPTRA Kece - Tempat Gaul Kekinian Warga Jakarta





 
Tahukah kamu, saat ini warga Jakarta bisa mengadakan berbagai aktivitas di Taman Taman, dari mulai berolahraga, kegiatan edukasi dan bermain, hingga mengadakan pesta resepsi pernikahan secara GRATIS ???

Beberapa tahun lalu kalo pas ke Seoul- Korea Selatan, saya selalu iri liat di sana banyak taman bagus tempat beraktivitas warga, dari mulai berolahraga, ngumpul bareng sampe piknik keluarga. Sampae saya ngimpi kapan Jakarta bisa punya taman taman bagus seperti itu. Eh ternyata impian itu sekarang jadi kenyataan. 

Sejak dua tahun belakangan, banyak dijumpai Taman Taman RPTRA (Ruang Publik Taman Ramah Anak) sebagai Pusat Aktivitas warga, yang terdapat di tiap kelurahan. Pembangunan RPTRA ini adalah ide dari Ibu Veronica Tan, istri Pak Ahok yg juga adalah Ketua PKK se-Jakarta. Dan dalam pembangunan tiap RPTRA dilibatkan dan diberdayakan para ibu ibu PKK setempat.


Di tiap RPTRA, dilengkapi dengan taman bermain anak, lapangan olahraga, perpustakaan hingga ruang aula yg bisa digunakan utk semua aktivitas warga secara GRATIS. Semua RPTRA juga dilengkapi dengan free wifi dan jg ruang menyusui untuk Ibu. .Duh, Nikmat mana lagi yang kau dustakan..




Hanya dua tahun saja sejak ide Taman RPTRA direalisasikan, di Jakarta saat ini sudah ada sekitar 70an dan sedang dalam proses pembangunan hingga sekitar 180 buah. Taman RPTRA yang juga sekaligus pusat beraktivitas warga, dari berolahraga, berinteraksi, dan bermain. Saat ini byk perusahaan berlomba lomba utk memberi program donasi / CSR utk membangun RPTRA secara full, tanpa pemerintah keluar uang sepeserpun. Yang terbaru adalah dibangunnya Taman Skatepark Kalijodo yg beritanya sedang booming, dan didanai penuh oleh SinarMas Land.




Di tempat tinggal saya, dalam satu kelurahan saja (kel. Rawa Badak Utara) ada dua RPTRA baru, yang kesemuanya adalah donasi dari perusahaan (Segitiga Biru). Setiap hari , rame banget itu taman taman dikunjungi orang, dari mulai utk bermain, piknik keluarga, sampe rapat warga. Padahal tempat dibangunnya taman RPTRA itu dulunya kawasan bantaran kali yg kumuh dan suram.

Dan yang paling keren itu, taman taman RPTRA ini bisa digunakan utk menyelenggarakan pesta resepsi pernikahan warga secara GRATIS (yah kalaupun bayar, paling bayar uang kebersihan yang gak seberapa).....Menurut Pak Ahok, daripada warga bikin pesta pernikahan di gang gang sempit yang nutupin jalan, mendingan bikin pestanya di taman RPTRA aja....

Ya ampun, Pak Ahok, sampe tempat pesta kawinan warga aja dipikirin segala....tapi sampe sekarang sih belum ada warga yg pake taman RPTRA ini buat pesta kawinan...tp mungkin belum banyak warga
yang tau tentang ini...nanti deh saya jadi yang pertama bikin pesta kawinan di taman RPTRA ini....hihihi

Mau tau beberapa rekomendasi 10 taman kece di Jakarta? coba baca artikel dari hot tread kaskus ini
 https://www.kaskus.co.id/thread/58879da2ded770db768b456b/10-taman-terbaik-di-jakarta-yang-harus-agan-sistah-coba-kunjungi/
  




No comments:

Baca Juga Yang Satu Ini

Pesta Mandi Bedak , Puncak Perayaan Tahun Baruan Kampung Tugu Yang Tak Kalah Seru Dengan Festival Songkran di Thailand

Tahukah Anda, di ujung utara Jakarta, ada sebuah kawasan yang merupakan kampung Kristen tertua di Jakarta dan juga di Indonesia?  ...