Mengenal Tjong A Fie -Sosok Saudagar Superkaya dan Super Dermawan Dari Medan


                                                         sumber foto  : www.tobasatu.com
                                                           
Sudah lama saya mendengar cerita tentang "Rumah Megah Tjong A Fie” yang jadi Cagar budaya dan Museum di kota Medan. Di tahun 2017 saya berkesempatan berkunjung ke tempat ini dan menjelajahi tiap sudut di Mansion Tjong A Fie yang berlokasi di Jl Jend A. Yani、Kesawan 、untuk mengenali seperti apa sosok istimewa Tjong A Fie semasa hidupnya.                                                                             
             
   Mayor Tjong A Fie adalah saudagar beretnis Tionghoa yang hidup di awal abad 20 dan terkenal karena kedermawanannya. Kerajaan Bisnis Tjong A Fie begitu banyak dari Perkebunan、 Tembakau, Bank hingga Hotel. Tapi bagi warga Medan saat itu, Tjong A Fie  dicintai bukan karena Kerajaan bisnisnya, tapi karena kemurah hatiannya yang luar biasa, dan tidak terbatas untuk sekat golongan etnis atau agama tertentu. Oleh pemerintah kolonial Belanda、Tjong A Fie diberikan gelar Mayor sebuah gelar kehormatan sebagai simbol status sosial saat itu.


Setiap harinya, Tjong A Fie membuka rumahnya untuk memberi makan ratusan orang miskin. Tjong A Fie  yang menganut agama Kong Hu Cu ini banyak membangun rumah ibadah berbagai agama (Mesjid, Gereja, Wihara dan Klenteng). Mesjid Lama Gg Bengkok -Mesjid tertua di Medan, biaya pembangunannya ditanggung penuh oleh Tjong A Fie、bahkan Istana Maimun yang jadi kebanggaaan warga Medan, juga pembangunannya dibiayai 30persen oleh Tjong A Fie . Begitupun Mesjid Raya Termegah di Medan, Al Mashun、sepertiga biaya pembangunanya disumbang oleh Tjong A Fie dan sang kakak Tjong Yong Hian yang juga sama sama memperoleh gelar Mayor.
          
(pemandangan di halaman rumah Tjong A Fie dimana tiap harinya ratusan orang miskin berkumpul untuk menerima bantuan)
                                                                                               
Selain memiliki kemampuan bisnis yang hebat, 2 tokoh kaya raya ini juga memiliki kepedulian sosial yang sulit dicari bandingannya sampai saat ini. Kepedulian sosial mereka, membuat kehidupan masyarakat di Medan (kala itu masih bernama Deli Tua) berlangsung sangat harmonis.

Tjong A Fie dan Tjong Yong Hian juga membangun rumah sakit yang menyediakan pengobatan gratis, juga menyediakan rumah penampungan bagi kaum tuna wisma. Kakak beradik ini, juga mendirikan rumah sakit khusus penderita lepra. Mereka para penderita lepra dirawat sampai sembuh dan kemudian dikembalikan ke masyarakat, tak hanya sembuh tapi juga sudah memiliki kemampuan / ketrampilan untuk dapat hidup mandiri.  Mereka juga mendirikan sebuah sekolah khusus perempuan bagi penduduk setempat. Bahkan mereka pernah membantu pendirian sebuah sekolah dengan menyumbang 150.000 gulden (bandingkan dengan pembangunan Institut Teknologi Bandung) yang pada tahun 1914 membutuhkan biaya sebesar 500.000

Mayor Tjong Yong Hian (1850 - 1911) dan sang adik Mayor Tjong A Fie (1860 - 1921) begitu besar jasanya bagi masyarakat Medan、dan sudah sepatutnya kisah mereka tercatat dalam tinta sejarah bangsa ini. Ketika meninggal, kematian keduanya diratapi oleh banyak orang, kota Medan kebanjiran pengunjung dari berbagai penjuru, yang ingin mengantarkan keduanya ke peristirahatan terakhir.

Bahkan di dalam surat wasiatnya,,Tjong A Fie berpesan agar keluarganya meneruskan kebajikan untuk banyak menolong Masyarakat, tak terbatas apapun sekat atau golongan apapun. Sungguh pelajaran luar biasa dari seorang saudagar yang benar benar Kaya Hati.

Rumah Tjong A Fie yang super mewah (bahkan untuk ukuran saat ini)  sejak tahun 2009 dibuka untuk umum dengan harga tiket masuk seharga 35ribu plus sudah didampingi seorang Tourist Guide. Dari sang pemandu inilah、saya mendapatkan banyak cerita tentang Mansion tersebut juga kisah kedermawanan yang menakjubkan dari Tjong A Fie dan keluarganya. Di mansion Tjong A Fie sendiri masih didiami keluarga /keturunannya yang tinggal di bagian belakang mansion.  Saat saya datang kesana、saya sempat bertemu dengan seorang cucu Tjong A Fie、seorang nenek berusia sekitar 80an tahun yang sedang beberes di bagian dapur. Tapi ia menolak untuk diajak berfoto. 

                                                                    
                                                          (Ruangan Ballroom Dance)                                                                                                    
 Isi berbagai sudut Rumah Tjong A Fie yg maha luas pun bisa membuat pengunjung terkagum kagum, dimana tiap ruangan diisi oleh furniture mewah dan lampu lampu chandelier. Bahkan di lantai. 2, ada ruangan luas yang dahulu sering digunakan untuk ballroom dance dengan kapasitas puluhan orang. Gile kan、ga kebayang betapa super kaya nya Tjong Afi saat itu、 bahkan rumahnya pun jadi tempat berkumpulnya para sosialita untuk dansa dansi.


Jika ke kota Medan , jangan hanya berburu bika、bolu Meranti dan Duren saja. Tjong A Fie Mansion ini adalah tempat yang ga boleh banget untuk dilewatkan untuk dikunjungi.  Di tempat ini kita bisa susuri juga jejak Tjong A Fie dan keluarganya yang punya jasa begitu besar bagi kota Medan.

 'Hidup' Tjong A Fie mengajarkan kita untuk bermurah hati menolong sesama manusia, tidak peduli apakah etnis, suku dan agamanya. Dan Tjong A Fie adalah bukti bahwa bukan sekedar Kekayaan Harta, tapi justru Kebaikan dan Kebajikan lah yg akan membuat 'hidup' manusia akan terus dikenang abadi.

Baca Juga Yang Satu Ini

Pesta Mandi Bedak , Puncak Perayaan Tahun Baruan Kampung Tugu Yang Tak Kalah Seru Dengan Festival Songkran di Thailand

Tahukah Anda, di ujung utara Jakarta, ada sebuah kawasan yang merupakan kampung Kristen tertua di Jakarta dan juga di Indonesia?  ...